Fungsi dan Peranan Pers di Indonesia

Posted by Unknown

Fungsi dan Peranan Pers, Pers adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh media massa untuk mengumpulkan , mengelola , dan menerbitkan informasi. Fungsi pers dalam kehidupan sehari - hari adalah sebagai media informasi , media hiburan , media pendidikan , media kontrol , dan sebagai lembaga ekonomi.

Fungsi dan Peranan Pers  di Indonesia

Fungsi Pers di Indonesia


1. Pers Sebagai Media Informasi
Fungi Pers sebagai media informasi berfungsi untuk memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui informasi yang ada. Setiap informasi yang diterbitkan pers harus bersifat asli , obyektif , dan harus dikelola sesuai peraturan perundangan Pers.

2. Pers Sebagai Media Hiburan
Pers sebagai media hiburan berfungsi sebagai memberikan hiburan kepada masyarakat berupa  cerpen , gambar karikatur , cerita bergambar. Selain itu , pers juga bisa menayangkan aktivitas - aktivitas terkini tentang artis - artis. Dalam memberikan hiburan , pers harus sesuai dengan fungsi pancasila dan norma - norma yang berlaku.

3. Pers Sebagai Media Pendidikan
Pers sebagai media pendidikan berfungsi untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan masyarakat. Dalam hal ini , pers menyediakan artikel - artikel yang bersifat mendidik. Artikel berisi tentang ilmu pengetahuan baik ilmu pengetahuan alam maupun ilmu pengetahuan sosial. Artikel yang disajikan juga harus bersifat menarik agar menarik untuk dibaca.

4. Pers Sebagai Media Kontrol
Pers sebagai media kontrol berfungsi untuk melakukan kontrol oleh rakyat terhadap pemerintah. Kontrol yang dimaksud adalah kontrol sosial , kontrol tanggung jawab , kontrol suport , dan kontrol partisipasi.


5. Pers Sebagai Lembaga Ekonomi
Dalam menjalankan fungsinya sebagai lembaga ekonomi , pers bertujuan untuk membuka lapangan pekerjaan baru dan menyerap tenaga kerja. Hal ini diharapkan bisa mengurangi tingkat penggangguran.

Dalam kehidupan di Indonesia , pers yang berlaku adalah Sistem Pers Pancasila. Pers Pancasila ini memiliki peranan yang sangat penting.

Peranan Pers di Indonesia



1. Memenuhi Hak Tahu Masyarakat 

Masyarakat punya hak untuk memperoleh informasi yang tepat dan akurat sesuai dengan UU. No. 14 Tahun 2008 . Oleh karena itu pers berperan sebagai sarana untuk memenuhi hak masyarakat untuk memperoleh informasi.

2. Melakukan Kritik Sosial Terhadap Kepentingan Umum

Pers juga berperan sebagai sarana untuk melakukan kritik sosial yang efektif. Karena dengan melalui pers lebih banyak mengundang perhatian dengan harapan dapat perhatian yang banyak dapat membawa perubahan.

3. Memberikan Pendapat Berdasar Informasi yang Ada

Pers berperan sebagai sarana yang bisa dipercaya masyarakat untuk memperoleh informasi yang benar. Oleh karena itu pers dalam tiap publikasinya harus tanpa rekayasa dan sesuai informasi yang ada.

4. Mengembangkan Nilai Demokrasi , Hukum , dan Pancasila , Serta Menegakan Keadilan.

Nilai nialai demokrasi, hukum, Pancasila dan juga keadilan harus dikembangkan dengan adanya pers. Pers harus bisa berperan aktif mewujudkan Indonesia yang lebih demokras dan lebih adil.

Sekian artikel tentang fungsi dan peran pers di Indonesia
Ditulis oleh: TS Jasa Vote Google Plus Updated at : 14:10