Contoh Seni Rupa Murni

Posted by Unknown

Contoh seni rupa murni , seni rupa murni adalah seni rupa yang nilai keindahannya ( estetika ) tampak lebih menonjol daripada nilai kegunaan. Contoh seni rupa murni adalah lukisan , seni grafis , patung , seni keramik. Berbeda dengan seni rupa terapan yang sengaja dibuat untuk digunakan dalam kehidupan sehari - hari , seni rupa murni dibuat hanya untuk dinikmati keindahannya sehingga nilai estetikanya dibuat tinggi.

Seni rupa murni memiliki beberapa gaya. Yang dimaksud dengan gaya di sini adalah ideologi dan ciri khas yang unik dan membedakan seni rupa murni tersebut dengan karya seni lainnya. Beberapa gaya seni rupa murni adalah gaya romantis , gaya ekspresionis , dan gaya impresionis , serta gaya surcalisme.

Contoh Seni Rupa Murni


Contoh Seni Rupa Murni


Lukisan

Lukisan adalah salah satu karya seni rupa murni yang memiliki 2 dimensi. Umumnya , lukisan dilukis di atas kanvas dengan alat cat akrilik atau cat minyak. Contoh seni rupa lukisan yang bergaya natural adalah pemandangan alam , manusia , binatang. Sedangkan yang memiliki gaya ekspresionis adalah benda dengan memperhatikan kolaborasi warna dan garis. Selain itu , juga ada lukisan yang bersifat abstrak. Umumnya lukisan abstrak susah dimengerti dan dipahami oleh orang awam.

Seni Grafis

Seni grafis adalah salah satu karya seni rupa murni yang juga berwujud dua dimensi seperti lukisan. Yang membedakannya dengan lukisan adalah cara pembuatannya. Cara pembuatan seni rupa murni grafis adalah dengan teknik cetak saring ( sablon ) , cetakan ( cukil kayu ) , pengasaman bahan metal ( etsa ) , dan pencetakan dengan batu litho yang dikenal dengan teknik lito.

Patung

Patung merupakan salah satu karya rupa murni yang memiliki wujud bangung ruang ( 3 dimensi ). Patung dapat dibuat dari berbagai macam bahan yaitu batu , logam , maupun kayu. Biasanya patung juga disebut karya monumental.


Seni Keramik

Seni keramik merupakan salah satu karya rupa murni yang memiliki wujud 3 dimensi sama seperti patung. Yang membedakannya dengan patung adalah bahan pembuatannya yaitu tempung , kaolin , dan tanah. Biasanya bentuk seni keramik memiliki ukuran yang tidak sebesar patung - patung monumental dan bersifat lebih untuk perhiasan atau benda unik.

Seni Relief

Seni Relief adalah karya seni rupa pahat dengan wujud 3 dimensi yang dibuat di atas batu. Biasanya seni relief ini ditemukan terpahat di dinding bangunan kuno seperti candi , monumen , kuil , dan tempat bersejarah lainnya. Seni relief ini berasal dari penyebaran agama Buddha. Jenis - jenis relief adalah relief tinggi , relief rendah , relief dangkal , dan relief tenggelam.

Sekian artikel mengenai contoh seni rupa murni.
Ditulis oleh: TS Jasa Vote Google Plus Updated at : 16:50